Home » Teknologi Masa Depan Artificial Intelligence, Mampu Menggantikan Kerja Manusia ?

Teknologi Masa Depan Artificial Intelligence, Mampu Menggantikan Kerja Manusia ?

Photo by Possessed Photography on Unsplash

Yankateam.com – Tidak ada yang mustahil di dalam dunia Teknologi, di masa kini Teknologi semakin berkembang pesat.

Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasaan buatan sedang ramai diperbincangkan dalam berbagai diskusi di kalangan teknologi dan pelaku bisnis.

Dikutip dari WIKIPEDIA Kecerdasan buatan adalah kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah atau bisa disebut juga intelegensi artifisial (bahasa InggrisArtificial Intelligence) atau hanya disingkat AI, didefinisikan sebagai kecerdasan entitas ilmiah. Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan kecerdasan buatan sebagai “kemampuan sistem untuk menafsirkan data eksternal dengan benar, untuk belajar dari data tersebut, dan menggunakan pembelajaran tersebut guna mencapai tujuan dan tugas tertentu melalui adaptasi yang fleksibel”. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakarpermainan komputer (games), logika fuzzyjaringan saraf tiruan dan robotika.

Pernakah anda berfikir bisa berbicara dengan komputer atau ponsel ? Ya, teknologi itu sudah ada saat ini dan bahkan kecerdasaan buatan sudah menggantikan beberapa pekerjaan manusia seperti contohnya Robot Pelayan, Fitur Auto Pilot pada mobil Tesla. Sejumlah perusahaan telah menciptakan berbagai macam kederdasaan buatan di antaranya yang kita bisa kenali adalah SIRI besutan APPLE dan Google Assistant besutan google.

Dari masa ke masa konon AI sudah ada sejak abad ke 17, AI sudah mulai diciptakan oleh para ahli ilmuwan matematika dunia. Namun AI mulai di pelajari lebih jauh di era 1950-an seiring dimulainya perkembangan komputer .

dalam kehidupan sehari-hari tentu AI sudah banyak mengalami peningkatan serta pengembangan yang sangat dibutuhkan di masa mendatang. Contoh dalam kehidupan sehari-hari AI biasa digunakan untuk melihat ramalan cuaca yang sangat akurat, fitur tilang elektronik juga merupakan bagian dari kecerdasaan buatan dimana dapat mendeteksi kendaraan difoto secara otomatis.

Lalu apakah AI mampu menggantikan peran Manusia ?

Tentu tidak, AI sendiri masih membutuhkan peran manusia, bukan menggantikan manusia.

Dilansir dari laman Nagitec, Haris Izmee, Presiden Direktur Microsoft Indonesia mengatakan bahwa pusat dari AI adalah manusia. Teknologi berbasis AI dirancang untuk melakukan pekerjaan yang menghambat produktivitas manusia seperti pekerjaan yang bersifat repetitif.

“Bagi Microsoft, AI adalah tentang meningkatkan kecerdikan manusia, bukan menggantikan manusia secara keseluruhan. AI sebagai instrument yang akan mendorong manusia untuk mampu mencapai lebih, melalui keterampilan-keterampilan baru yang dibutuhkan untuk dapat mengoperasikan teknologi tersebut,” tegas Haris.

Lalu bagaimana menurut anda apakah AI kedepan mampu menggantikan kerja manusia ? Silahkan tinggal Komen di kolom komentar ya.

Sumber Artikel : Teknologi.id dengan pengubahan seperlunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.